#PesanPemuda untuk Bangkitkan Peran Generasi Muda Melawan COVID-19 dengan Misi Mengedukasi Lebih dari 10 Juta Pemuda Indonesia untuk Menggalakkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan 3M

Jakarta, 28 Oktober 2020 – Dalam rangka perayaan HUT Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) ke-70 dan hari Sumpah Pemuda, hari ini IDI bersama Good Doctor Technology Indonesia (Good Doctor) meluncurkan kampanye #PesanPemuda atau Program Edukasi KeSehatAN untuk Pemuda melawan COVID-19. Kampanye ini bertujuan untuk meningkatkan kepatuhan para generasi muda terhadap protokol kesehatan, dengan mempraktikkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan kebiasaan Mencuci Tangan, Memakai Masker, Menjaga Jarak (3M) dalam kehidupan sehari-hari. Kampanye edukatif ini juga diharapkan dapat menginspirasi pemuda untuk berpartisipasi aktif serta menjadi duta dalam menerapkan PHBS dan 3M ke rekan-rekan pemuda lainnya demi menekan penyebaran COVID-19.

Hasil survei Badan Pusat Statistik (BPS) September 2020 mengenai “Perilaku Masyarakat di Masa Pandemi COVID-19” menunjukkan bahwa tingkat kepatuhan masyarakat dalam pencegahan COVID-19 secara umum sudah baik . Namun demikian, dari hasil survei tersebut, tingkat kepatuhan di kalangan anak muda rentang usia 17- 30 tahun menunjukkan angka paling rendah dibandingkan dengan kelompok usia lain, terutama dalam hal mencuci tangan, menggunakan hand sanitizer, dan menjaga jarak minimal 1 meter. Selain itu, kelompok usia ini juga memiliki jumlah tertinggi (dengan persentase 20,2%) sebagai kelompok yang menyatakan sangat tidak mungkin dan tidak mungkin terinfeksi/tertular COVID-19. Hal ini menunjukkan bahwa kesadaran kaum pemuda dalam menanggapi bahaya pandemi masih terbilang rendah.

[ki-ka] dr. Adhiatma Gunawan (Head of Medical Management Good Doctor Technology Indonesia),  Dr. Daeng M Faqih (Ketua Umum PB IDI),  Danu Wicaksana (Managing Director Good Doctor Technology Indonesia), dandr. Nadia Alaydrus (Dokter Muda Inspiratif) dalam acara konferensi pers peluncuran kampanye #PesanPemuda melawan COVID-19  yang dilaksanakan secara virtual.

Dr. Daeng M Faqih, Ketua Umum PB IDI mengatakan, “Kami melihat bahwa kami perlu merangkul para generasi muda agar mereka tidak lengah dan terus mewaspadai bahaya COVID-19. Karena itu, kami sangat menyambut baik program #PesanPemuda melawan COVID-19 bersama Good Doctor untuk membangkitkan semangat juang para pemuda dalam melawan pandemi. Kami harap kampanye ini dapat meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat dan menghasilkan tindakan yang efektif dalam perang melawan COVID-19 secara keseluruhan.”

Di saat bersamaan, Danu Wicaksana, Managing Director Good Doctor Technology Indonesia mengatakan, “Good Doctor merasa bangga bisa bekerja sama kembali dengan PB IDI, kali ini untuk melaksanakan kampanye #PesanPemuda melawan COVID-19 dalam usaha meningkatkan kepedulian generasi muda agar lebih giat dan disiplin menjalankan protokol kesehatan. Kami mengemas kampanye ini dengan memanfaatkan media sosial yang tengah populer di kalangan anak muda sebagai cara yang efektif dan menarik agar mudah dipahami dan dipraktikkan. Kami berharap banyak pemuda yang berpartisipasi dengan antusias mengambil bagian dalam kampanye ini, sehingga mereka pun dapat menyebarkan kepedulian dan menjadi duta penegakkan PHBS dan 3M ke satu sama lain dalam lingkaran mereka.”

Dengan misi untuk mengedukasi lebih dari 10 juta pemuda di Indonesia, kampanye #PesanPemuda melawan COVID-19 ini juga melibatkan jajaran anak muda kreatif yang memiliki semangat dalam memerangi pandemi COVID-19 di Tanah Air. Good Doctor, sebagai mitra strategis dari PB IDI telah menyiapkan edukasi PHBS berjudul #BaikBersama yang dapat dipraktikkan para pemuda dalam kehidupan sehari-hari. Adapun edukasi PHBS #BaikBersama tersebut adalah:

● Biasakan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama 60 detik
● Awas, hindari kerumunan dengan menjaga jarak minimal 1 meter
● Ingat selalu menggunakan masker ketika keluar rumah
● Konsultasi kesehatan dengan mitra dokter tepercaya

[ki-ka] dr. Adhiatma Gunawan (Head of Medical Management Good Doctor Technology Indonesia),  Dr. Daeng M Faqih (Ketua Umum PB IDI), Danu Wicaksana (Managing Director Good Doctor Technology Indonesia) berbicang-bincang bersama sesaat setelah peluncuran kampanye #PesanPemuda melawan COVID-19

dr. Adhiatma Gunawan, Head of Medical Management Good Doctor Technology Indonesia menjelaskan, “COVID-19 telah mendorong semua orang meningkatkan standar berperilaku bersih dan penjagaan diri dari risiko kesehatan. Perilaku ini perlu diikuti dengan kedisiplinan dan kewaspadaan tinggi, serta membaca informasi yang benar. Sebagai masyarakat muda kita harus patuh pada penggunaan masker, hand sanitizer/disinfectant, dan menjaga jarak minimal 1 meter. Ini menjadi suatu keharusan yang tidak dapat ditawar-tawar saat ini. Kami mengajak semua anak muda, termasuk generasi muda praktisi kesehatan profesional untuk ambil bagian dalam kampanye ini sebagai salah satu upaya dalam perjuangan melawan pandemi.”

Dalam situasi pandemi, masyarakat juga diharapkan lebih memperhatikan kesehatan mereka dan semakin menggiatkan upaya pencegahan penyakit melalui hal-hal sederhana seperti mengatur jadwal makan, olahraga, istirahat, dan mengecek kesehatan secara berkala.

Danu Wicaksana, Managing Director Good Doctor Technology Indonesia menambahkan, “Sekitar 10.000 mitra dokter umum dan 2.500 dokter spesialis di Good Doctor siap untuk memberi layanan konsultasi daring 24 jam setiap harinya kepada masyarakat. Good Doctor pun terus meningkatkan kapabilitas dalam melayani permintaan konsultasi. Dibandingkan Maret 2020, sekarang kami melayani permintaan konsultasi harian yang telah meningkat hingga 10 kali lipat.”

Dalam upaya meluaskan kampanye edukatif #PesanPemuda melawan COVID-19, PB IDI dan Good Doctor menciptakan koreografi singkat hanya 30 detik di platform TikTok bertemakan pesan edukasi PHBS dan 3M dalam kehidupan sehari-hari, gerakan berjudul #BaikBersama. PB IDI dan Good Doctor mengajak para pemuda, dokter muda dan masyarakat umum untuk mengikuti, merekam dan mengunggah dance TikTok #PesanPemuda melawan COVID-19 ini demi memperluas edukasi ke seluruh penjuru Tanah Air.

Periode dance TikTok #PesanPemuda resmi dimulai hari ini, 28 Oktober 2020 sampai 13 November 2020. Untuk informasi lebih lanjut dapat mengunjungi akun media sosial: tiktok@gooddoctor.id.

Tentang Good Doctor

PT. Good Doctor Technology Indonesia (Good Doctor) adalah penyedia layanan kesehatan terpadu berbasis teknologi yang memiliki visi ‘Satu Dokter untuk Setiap Keluarga di Indonesia’. Good Doctor bekerja sama dengan Grab menghadirkan layanan kesehatan online terpadu, yaitu GrabHealth powered by Good Doctor dengan misi memberikan akses akan layanan kesehatan berkualitas untuk para pengguna di Indonesia. Dengan lebih dari 10.000 mitra dokter siaga di 70 kota dan 2.000 apotek resmi tepercaya, Good Doctor siap untuk menjawab kebutuhan kesehatan masyarakat. Good Doctor adalah mitra resmi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam usaha percepatan penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia semenjak Maret 2020 lalu.

Layanan GrabHealth powered by Good Doctor tersedia secara gratis dalam aplikasi Grab untuk smartphone berbasis Android maupun iOS. Kunjungi kami di www.gooddoctor.co.id.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi:
Head of Marketing, Good Doctor Rachel.Dwiayutia@gooddoctor.co.id Burson Cohn & Wolfe Indonesia for Good Doctor bcw.gooddoctor@bcw-global.com

Untuk informasi mengenai Ikatan Dokter Indonesia, silakan mengunjungi http://www.idionline.org/ (klik)

●●●●||●●●●