Nyaris tidak ada tempat lagi di muka Bumi ini yang tidak mengalami perubahan pola hidup akibat Pandemi Global Covid-19 dengan berbagai varian mutannya. Termasuk Indonesia, semua lini kehidupan dipaksa menggeliat demi bisa bertahan untuk tetap bisa eksis.

Demikian pula halnya dalam bidang pendidikan, pola PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) diterapkan hampir seumur dengan pandemi itu sendiri. Tentu saja, perubahan mendadak pola pendidikan dari PTM (Pembelajaran Tatap Muka) menjadi PJJ bisa berakibat menurunnya standart mutu pendidikan apabila, tidak terus menerus dilakukan pengawasan dan selalu evaluasi menuju perbaikan.

Peduli pada kualitas pendidikan nasional, Faber Castell Indonesia baru-baru ini (5/6) menggelar webinar bertajuk –Refleksi Pendidikan Indonesia : Diantara PJJ Dan PTM. Pada webinar kali ini, selain melibatkan narasumber yang kompeten, Faber Castell juga mengundang awak media dan para blogger ibukota.

“Metode Pembelajaran Jarak Jauh di Indonesia, belumlah maksimal. Dimana Indonesia belum siap benar menggelar pola pendidikan PJJ, terutama mereka yang hidup di pedesaan terpencil. Dimana, belum semua warga negara akrab dengan perangkat jaringan online,” papar narsum Saufi Sauniawati, Pengamat Pendidilkan.

Selain terkendala jaringan, sinyal, cuaca dan kemampuan mengadaptasi tekhnologi, siswa juga dihadapkan pada ketiadaan perangkat yang tepat ketika hendak merespon balik pertanyaan gurunya dan menyerahkan tugas. Banyak yang tidak bisa secara cepat merespon balik karena ketiadaan perangkat peralatan belajar yang handal untuk bisa digunakan pada saat online. Mengingat, keterbatasan waktu Proses Belajar Mengajar. Dimana, guru harus mampu memonitor respon puluhan siswa dalam waktu hanya satu dua jam pasca memberikan pengajaran.

“Saya menyambut baik, kepedulian Faber castell untuk tetap menjaga mutu pendidikan dengan menyediakan PAKET BELAJAR ONLINE yang mudah digunakan oleh para siswa. Paket Belajar Online dari Faber Castell, saya rasa bisa melengkapi kebutuhan siswa untuk dapat lebih mudah dan lebih cepat dalam memberikan respon atas soal atau tugas yang diberikan pada saat PJJ masih berlangsung. Sehingga, pada saat itu juga, guru akan langsung mengetahui seberapa besar pemahaman siswa akan pelajarannya dan dengan demikian, guru tidak perlu lagi membebani siswa dengan tugas yang banyak pasca PJJ,” tanggap Saufi lebih lanjut.

Menurut Saufi, meski Pembelajaran Tatap Muka secara terbatas akan diterapkan, pembelajaran jarak jauh juga akan tetap ada, seperti yang diputuskan oleh Nadiem Makarim, Mendikbud RI belum lama ini.

Karena Pembelajaran Tatap Muka belum 100%. Kemungkinan di mix, ada yang online dan offline (hybrid), ada yang hanya tatap muka dan, ada juga yang hanya jarak jauh maka, menurut Saufi, orang tua harus lebih cerdik lagi dalam menyikapi pola pembelajaran online. Khususnya terkait dengan evaluasi pembelajaran, dimana dapat di lakukan dengan produk terbaru Faber-Castell, Paket Belajar Online.

Senada, Product Manager PT Faber-Castell International Indonesia, Christian Herawan menjelaskan bahwa Paket Belajar Online Faber-castell memang di ciptakan berdasarkan hasil survey yang ada dimasyakat khususnya terkait dengan adanya kesulitan proses pembelajaran jarak jauh yang dialami siswa berkaitan dengan peralatan belajar mengajar pendukung.

Sama halnya menurut PR Manager Faber Castell Indonesia, Andri Kurniawan, Paket Belajar Online hadir untuk lebih memudahkan dan lebih memacu prestasi siswa, terlebih selama penerapan sistem PJJ. Kepedulian Faber Castell merupakan bagian dari sebuah komitmen kuat untuk turut berperan aktif dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

Tentang PAKET BELAJAR ONLINE Faber Castell

Paket belajar online Faber Castell memiliki banyak fungsi dan keunggulan, seperti tersedianya alat bernama stylus, didesain sebagai alat yang sangat membantu saat pertanyaan jawaban yang sifatnya pilihan maupun essay, selain berfungsi untuk menggeser layar dan juga menulis, cocok untuk segala jenis ujian.

Kelebihan stylus yang ada di paket Belajar Online dibandingkan sejenisnya, karena karet stylus juga bertekstur lembut sehingga tidak akan merusak layar smart phone dan dapat digunakan di semua jenis atau merek smart phone.

Saat ini paket belajar online Faber-Castell telah tersedia di official store Faber-Castell di Tokopedia, Blibli, Bukalapak, Lazada serta toko tradisional market maupun modern market terdekat.

~~●●●||●●●~~