Panasonic dengan bangga mengumumkan perilisan LUMIX Digital Single Lens Mirrorless Camera DC-BS1H bergaya full-frame box terbaru di Indonesia. Memiliki nama LUMIX BS1H, kamera ini secara harfiah merupakan kamera bergaya kotak serbaguna yang menggabungkan kinerja video berkualitas cinema dari LUMIX S1H ke dalam bentuk profil kotak yang mudah digunakan. Mengakomodasi sensor full-frame 24 megapiksel dengan teknologi Dual Native ISO, LUMIX BS1H semakin meningkatkan potensinya termasuk perekaman high resolution full-area berkualitas 6K, bokeh yang mengesankan, performa low-light, dynamic range V-Log hingga 14+ stop, dan masih banyak lagi.

Dengan konektivitas dan mobilitasnya yang tinggi, pengguna dapat secara fleksibel membangun BS1H ke dalam sistem kamera ideal sesuai yang diinginkan. Tampilan gambar yang konsisten meminimalkan pemrosesan pascaproduksi ketika kamera produksi Panasonic LUMIX lainnya seperti BGH1, sebuah kamera bergaya kotak Micro Four Thirds, atau S1H (kamera cinema mirrorless full-frame) digunakan bersama-sama.

Agung Ariefiandi, Head of AV Product Marketing PT Panasonic Gobel Indonesia mengatakan perilisan LUMIX BS1H merupakan langkah LUMIX untuk menguatkan posisinya dalam pasar Indonesia dengan terus berupaya memenuhi kebutuhan konsumen saat ini melalui berbagai inovasi teknologi bermutu tinggi. Hal ini dilakukan untuk membuat masyarakat mendapatkan experience terbaik di hidupnya sesuai tagline Panasonic saat ini Live Your Best.

“Kami ingin customer setia LUMIX merasakan kenyaman dan kemudahan yang dihadirkan dari kecanggihan fitur-fitur LUMIX BS1H, sehingga baik videografer pemula ataupun professional dapat melakukan pengambilan video berkualitas tinggi, bahkan produk ini mendukung kebutuhan layanan live streaming yang saat ini digemari masyarakat di berbagai platform social media” tutur Agung.

  1. Video berkualitas produksi Cinema dengan sensor full-frame 35mm

BS1H menggunakan sensor CMOS full-frame 24,2 megapiksel 35mm (35,6 mm x 23,8mm) yang menangkap resolusi 6K. Dengan resolusi aktif 6.024 x 4.016, BS1H menghasilkan sekitar 24,2 juta photosites. Adopsi OLPF (Optical Low Pass Filter) menekan moire dan false color. Sensor gambar dengan Dual Native ISO di  BS1H meminimalkan timbulan noise dengan memilih sirkuit optimal untuk digunakan sesuai dengan sensitivitas sebelum pemrosesan gain. Dikombinasikan dengan pemrosesan sinyal optimal oleh Venus Engine, kamera ini memastikan perekaman sensitivitas tinggi ISO 51200 maksimum dengan noise minimum.

Memaksimalkan penggunaan piksel dalam sensor gambar full-frame, LUMIX BS1H mampu melakukan perekaman video high-solution dan smooth sebesar 6K/24p, 5,4K/30p (rasio aspek 3:2) atau 5,9K/30p (rasio aspek 16:9). LUMIX BS1H juga menyediakan video recording 10-bit 60p 4K/ C4K *1 HEVC saat menggunakan image area yang setara dengan Super 35mm. 4:2:2 10-bit 4K30p dan dapat direkam dalam format H.264 pada full-area. Data resolusi tingginya juga dapat digunakan untuk membuat video 4K dengan kualitas gambar yang lebih tinggi atau untuk cropping gambar dalam 4K.

Dynamic range mengukur luminance range yang dapat ditangkap oleh kamera digital. LUMIX BS1H menghadirkan 14+ stop Dynamic Range dengan V-Log, yang hampir sama dengan Panasonic Cinema Cameras, untuk mereproduksi semuanya secara tepat mulai dari area gelap hingga terang.

Kemampuan untuk menangkap warna yang akurat dan warna kulit yang kaya adalah suatu keharusan bagi setiap pembuat film. LUMIX BS1H mengimpor colorimetry terkenal dari jajaran Cinema Cameras VariCam. LUMIX BS1H berisi tangkapan V-Log/V-Gamut untuk menghadirkan dynamic range tinggi dan warna yang kaya. V-Log merender gambar yang sangat datar sambil mempertahankan semua informasi warna dalam gambar. Hal ini juga menunjukkan bahwa ada tingkat permainan yang lebih besar ketika gambar dimasukkan melalui proses pasca-produksi. Sensor CMOS LUMIX BS1H mencapai gamut warna lebar yang dikenal sebagai V-Gamut, yang merupakan ruang warna optimal BS1H dan mencapai ruang warna yang lebih lebar dari BT.2020. V-Log memiliki karakteristik kurva log yang agak mengingatkan pada film negatif dan V-Gamut memberikan ruang warna yang bahkan lebih besar dari film.

Selain perekaman video HDR (High Dynamic Range), kamera merekam video dengan kurva gamma khusus yang kompatibel dengan ITU-R BT.2100, dan pengguna sekarang dapat memilih Hybrid Log Gamma (HLG) di Photo Style.

LUMIX BS1H juga menyediakan real-time subject detection dengan teknologi penghasilan deep learning yang canggih untuk menetapkan fokus yang tepat pada subjek target seperti manusia dan hewan bahkan jika mereka bergerak cepat.

2. Berbagai macam format perekaman, frame rates, dan resolusi dalam maksimum 6K

LUMIX BS1H mampu menghasilkan output HDMI 4:2:2 10-bit 4K 60p/50p. Mengadopsi struktur dispersi panas terbaru, LUMIX BS1H  dapat mencapai video recording unlimited dalam berbagai format perekaman, termasuk mode Anamorfik 4:3, untuk memenuhi kebutuhan profesional.

Selain itu, kamera ini menyediakan dua alternatif untuk alur kerja RAW, BS1H lebih sesuai dengan kebutuhan kreatif yang luas.  [5,9K] / [4K] / [Anamorphic (4:3) 3,5K] Data video RAW 12-bit dapat dihasilkan melalui HDMI untuk menyimpan Apple ProRes RAW di Atomos Ninja V atau menyimpan Blackmagic RAW pada Blackmagic Video Assist 12G HDR.

– V-Log atau V709 dapat dipilih pada monitor eksternal melalui SDI selama output RAW.

– Fungsi bantuan perekaman termasuk V-Log View Assist, Luminance Spot Meter, dan Zebra Pattern dapat digunakan selama output RAW.

Apple ProRes RAW

*Mode perekaman yang dapat dipilih tergantung pada versi firmware Atomos Ninja V.

* Silakan merujuk ke situs web Atomos untuk informasi tentang versi firmware yang sesuai dari Atomos Ninja V.

*Perangkat lunak yang mendukung Apple ProRes RAW diperlukan untuk mengedit video RAW yang direkam dengan NINJA V. Terapkan LUT (Look up table) yang tersedia di situs dukungan pelanggan berikut untuk membuat penilaian warna yang sama dengan V-Log/V-Gamut

https://panasonic.jp/support/global/cs/dsc/download/lut/s1h_raw_lut/

*Semua fungsi mungkin tidak tersedia tergantung pada situasinya.

Blackmagic RAW

*Mode perekaman yang dapat dipilih tergantung pada versi firmware Blackmagic Video Assist 12G HDR.

*Silakan merujuk ke situs web Blackmagic Design untuk informasi tentang versi firmware yang sesuai dari Blackmagic Video Assist 12G HDR.

* DaVinci Resolve atau DaVinci Resolve Studio diperlukan untuk memutar ulang dan mengedit data Raw Blackmagic. DaVinci Resolve Studio diharuskan untuk mengirimkan proyek menggunakan data RAW Blackmagic dalam resolusi lebih dari 3840×2160.

*Semua fungsi mungkin tidak tersedia tergantung pada situasinya.

VFR (Variable Frame Rate) memungkinkan pengguna merekam video overcranked / undercranked dalam C4K / 4K (60 fps, maksimum 2,5x lebih lambat dalam 24p) dan FHD (180 fps, maksimum 7,5x lebih lambat dalam 24p). Frame rate minimum untuk video gerak cepat adalah 2 fps. Selain itu, video HFR (High Frame Rate) juga dapat merekam dengan suara, bahkan saat menggunakan auto focus sekalipun. Berbagai efek tersedia untuk menghasilkan video gerak lambat melalui proses pasca produksi.

LUMIX BS1H mengadopsi struktur dispersi panas baru untuk mencapai perekaman video tanpa batas. Rangka bodi terdiri dari paduan aluminium dan magnesium untuk mewujudkan daya tahan dan bobot yang ringan.

Untuk mendukung kebutuhan live streaming yang terus meningkat, BS1H menyediakan fungsi streaming IP yang memungkinkan transmisi gambar yang jauh dan berkualitas tinggi ke platform streaming sosial online dengan koneksi PC melalui LAN kabel. Khususnya, LUMIX BS1H dapat melakukan streaming video 4K 60p (50p) dalam H.265. H.265 merealisasikan setengah bitrate sekaligus menjaga kualitas gambar tetap sama seperti H.264, sehingga  memberikan kualitas gambar 2x lebih tinggi pada bitrate yang sama dengan H.264. Streaming dalam ultra-high definition 4K pada bitrate rendah dimungkinkan bahkan dalam kasus di mana bandwidth tidak cukup luas.

3. Berbagai koneksi untuk kemungkinan tak terbatas

Dengan rangka bodi yang terdiri dari paduan aluminium dan magnesium alloy, LUMIX BS1H adalah kamera bergaya kotak yang ringkas dan ringan namun tahan lama dan menyediakan berbagai port praktis. Selain terdapat USB 3. 1 Tipe-C, dilengkapi juga 3G-SDI (BNC) dan terminal HDMI Tipe-A, yang dapat digunakan untuk output simultan. Selain itu, fungsi  Genlock IN (BNC) dan Timecode IN/OUT (BNC) yang memungkinkan perekaman video tersinkronisasi multi-angle telah tersedia untuk membangun sistem yang dapat diskalakan dengan monitor eksternal, rig, dan gimbal yang dipasok dari produsen lain. Saat terhubung ke LAN, Power over Ethernet+ (PoE+) memudahkan untuk menginstal baik secara fisik maupun elektrik. Menggunakan software PC Panasonic LUMIX Tether untuk Multicam, kamera LUMIX BS1H*2 dapat dikontrol secara maksimum sebanyak 12 set. LUMIX BS1H juga dilengkapi dengan slot Double SD Card untuk backup recording atau relay recording.

Penggunaan lensa LUMIX S Series dengan BS1H memberikan keuntungan lebih lanjut. Fungsi Boost I.S.(Video) (Image Stabilizer) dapat digunakan dan kontrol AF/AE superior tersedia apabila lensa LUMIX S Series dengan O.I.S. (Optical Image Stabilizer) dipasang.

4. Fitur Praktis lainnya

  • Tally lamps (depan 1 dan belakang 1), lampu koneksi jaringan
  • Operation Lock switch dan 5 tombol fungsi
  • Φ3.5 Jack audio (in/out) dan kompatibilitas dengan mikrofon XLR DMW-XLR1 (dijual terpisah)
  • Unit remote control generic φ2.5mm
  • Konektivitas Wi-Fi 2.4GHz dan Bluetooth 4.2 (BLE)
  • Remote camera control menggunakan application software (LUMIX Tether untuk Multicam dan LUMIX Sync)
  • Tethered photo shooting dengan LUMIX Tether untuk software Multicam
  • SDK*3 (Software Development Kit) untuk kontrol kamera melalui USB/LAN akan disediakan secara gratis.

              Lumix DC-BS1H dibanderol dengan harga IDR 56.962.000,- dan akan tersedia di dealer – dealer resmi Lumix Indonesia dan juga official store Lumix Indonesia di Blibi dan Tokopedia. Setiap pembelian Lumix DC-BS1H akan mendapatkan Free Battery and External Battery Charger. Dapatkan informasi terkini mengenai produk dan promo Lumix Indonesia hanya di media social Facebook, Instagram, Youtube  dan Tiktok Lumix Indonesia.

*1 Sesuai dengan 4K (4096×2160) sebagaimana didefinisikan oleh Digital Cinema Initiatives (DCI).

*2 Pengoperasian mungkin tidak stabil tergantung pada lingkungan koneksi dan kinerja PC yang terhubung.

*3 SDK untuk BS1H akan tersedia di situs berikut.  https://panasonic.jp/support/global/cs/soft/tool/sdk.html

•Apple dan ProRes adalah merek dagang atau merek dagang terdaftar dari Apple Inc.

• ATOMOS / Ninja V adalah merek dagang terdaftar dari ATOMOS Limited.

• ‘Blackmagic Design’, ‘Blackmagic RAW’ dan ‘DaVinci Resolve’ adalah merek dagang terdaftar dari Blackmagic Design Pty. Ltd.

• Merek dagang dan nama dagang lainnya adalah milik pemiliknya masing-masing.

• Beberapa aksesori tidak tersedia di beberapa negara.

• Desain dan spesifikasi dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Tentang Panasonic Group

Sebagai pemimpin global dalam mengembangkan teknologi dan solusi inovatif untuk aplikasi luas di sektor elektronik konsumen, perumahan, otomotif, industri, komunikasi, dan energi di seluruh dunia, Panasonic Group beralih ke sistem perusahaan operasi pada 1 April 2022 dengan Panasonic Holdings Corporation berkedudukan sebagai perusahaan induk dan delapan perusahaan diposisikan di bawah naungannya. Didirikan pada tahun 1918, Grup berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan orang dan masyarakat dan menjalankan bisnisnya berdasarkan prinsip-prinsip pendirian yang diterapkan untuk menghasilkan nilai baru dan menawarkan solusi berkelanjutan untuk dunia saat ini. Grup melaporkan penjualan bersih konsolidasi sebesar 6.698,8 miliar yen untuk tahun yang berakhir pada tanggal 31 Maret 2021. Bertekad untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Grup Panasonic bersatu dalam menyediakan produk dan layanan unggulan untuk membantu Anda mendapatkan Live Your Best. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang Panasonic Group, silakan kunjungi: https://holdings.panasonic/global/