Jakarta,-  Penobatan Miss KidZania Jakarta 2022 akhirnya mencapai klimaksnya pada Malam Grand Final 18 Desember, kemarin. Event dimulai sejak 10 Oktober – 14 November 2022 yang lalu saat pendaftaran Miss KidZania Jakarta. Peserta Miss KidZania Jakarta 2022 mencapai lebih dari 4.000 pendaftar.

Setelah dilakukan seleksi berkas maka, terpilihlah 50 nama yang lolos untuk audisi dan wawancara dengan Dewan Juri KidZania. Dari seleksi 50 nama kontestan, 24 peserta masuk babak Semifinalist terbaik.

Selanjutnya, tepat pada hari Minggu, 11 Desember 2022 lalu digelarlah malam Semifinal Miss KidZania Jakarta, dewan juri memilih 12 finalist terbaik yang lolos melangkah kebabak Grand Final. Mereka adalah;

  1. Yuri Raisa Yusuf – 11th
  2. Riffa Khayla Almirasya – 13th
  3. Michelle Davina Hadipranoto – 13th
  4. Lady Mayra – 13th
  5. Kimberly Michelle Olivia – 9th
  6. Jacqueline Immanuela Jonathan – 13th
  7. Intanie Dilly Melody – 12th
  8. Evolette Alexandra Quineldy – 9th
  9. Dafania Sahira Indrabekti – 10th
  10. Chiara Caluna Olivari – 11th
  11. Casslyne Okalina – 7th
  12. Aina Quinsha Dyandra – 11th

Miss KidZania Jakarta merupakan salah satu event terbesar dwitahunan KidZania Jakarta yang memberikan kesempatan kepada puteri – puteri Indonesia untuk bermain peran (role play) dimana tahun ini merupakan kali ke-7 pelaksanaannya. Dan, sempat tertunda 2 tahun karena pandemi Covid-19.

Pemilihan kali ini bertema paper selection “Dare To Lead With Active Living & Strong Personality” mengajak putri-putri Indonesia untuk tampil berani memimpin, aktif serta terbentuk pribadi yang kuat serta peduli terhadap kemanusian dan lingkungan sekitar. Tidak hanya peduli terhadap lingkungan sekitar saja, anak-anak ini juga memiliki 6 Guiding Rightz KidZania yaitu;

  1. To Care
  2. To Know
  3. To Play
  4. To Share
  5. To Create
  6. To Be

Melalui 6 Guiding RightZ tersebut ke-12 Finalist Miss KidZania Jakarta kedepan diharapkan menjadi sosok perempuan yang mampu menularkan kepedulian kepada lingkungan sekitar dari sisi education, environment, human, leadership, senior citizen & well-rounded, sehingga dapat menciptakan dunia yang lebih baik.

Mentor Minister and Advisor KidZania Jakarta, Uchu Riza menyampaikan, “Event ini merupakan yang sangat ditunggu-tunggu dan saya bangga dengan tema “Dare To Lead with Active Living and Strong Personality”, KidZania Jakarta berharap para peserta Miss KidZania Jakarta 2022 akan terbentuk menjadi sosok yang aktif, memiliki kemampuan sosial dan pribadi yang tangguh untuk memimpin.

President KidZania, Kerry Riza juga menambahkan, “Miss KidZania Jakarta juga selalu kami adakan dengan tujuan untuk membentuk pribadi dan karakter anak agar lebih percaya diri serta aktif dan berwawasan luas serta bermanfaat bagi anak-anak dalam mengembangkan bakatnya masing-masing.”

Pada malam Grand Final ini, 12 Finalis Miss KidZania Jakarta tampil memukau dan menghibur para penonton serta dewan juri yang terdiri dari;

  • Kamidia Radisti, pemenang Miss Indonesia 2007
  • Alitya Azizah, Senior Manager Mass Funding Division
  • Achmad Safarie, educator dari Al Jabr International Islamic Shool
  • Dhiya Nadira, Miss KidZania Jakarta 2009 angkatan pertama

Malam Grand Final ini juga dimeriahkan oleh penampilan tari daerah oleh Faiha Raisa Fitri sebagai pemenang KidZania Talent Show 2016. juga ada penampilan Girlband dari Blink Stars dan Pamela Ghaniya pemenang ajang pencarian bakat (Idola Cilik 2022).

Penampilan kolaborasi 12 finalis Miss KidZania di malam Grand Final mampu memukau para undangan setelah mendapatkan coaching selama masa karantina. Meraka mendapatkan pelatihan modeling, koreografi serta selama masa karantina mereka medapatkan Materi tentang leadership dari Achmad Safari selaku Educator dari Al Jabr International Islamic Shool.

Mereka juga mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi Hotel Royal Safari Garden Puncak untuk mendapatkan edukasi satwa. Hal ini perlu dilakukan untuk menumbuhkan kepedulian generasi penerus terhadap satwa dan lingkungan sekitarnya, serta belajar bagaimana manusia seharusnya merawat binatang.

Director KidZania Jakarta, Faizal Reza mengatakan “Kriteria pemenang Miss KidZania Jakarta adalah seorang anak perempuan yang memiliki kepribadian menarik, cerdas, berwawasan luas, berpenampilan ceria khas anak-anak, mampu mencerminkan keterpaduan antara Brain, Beauty and Behavior, aktif serta percaya diri. Mengingat pemenang akan didaulat juga untuk menjadi Brand Ambassador  KidZania Jakarta selama 2 tahun. Miss KidZania Jakarta 2022 yang terpilih secara otomatis menggantikan peran Miss KidZania 2018 dimana sebelumnya dipegang oleh Kayla Ashifah Ananidha Kusuma.”

Malam Grand Final juga dihadiri oleh Miss KidZania Jakarta 2009, 2010, 2015, dan 2018 yang datang untuk member dukungan kepada para finalis. Kehadiran para Alumni Miss KidZania ini juga membuat malam ini menjadi Reunion Night of Miss KidZania Jakarta. Puncak acara dari Grand Final Miss KidZania Jakarta 2022 adalah pengumuman pemenang dan penyerahan mahkota bergilir Miss KidZania.

Juara Miss KidZania Jakarta 2022 akan mendapatkan hadiah berupa member card akses masuk KidZania Jakarta selama duatahun, uang tunai dalam bentuk tabungan Bank BRI Junio senilai 10.000.000, free stay menginap di Pesona Alam Puncak, free stay menginap di Hotel Century Park, Gift Voucher tiket pesawat/hotel dari Tiket.com total senilai 7.000.000, Shopping Voucher Petit Lulun Batik 1.000.000, Shopping Voucher Segari 1.000.000 dan Shopping Voucher dari Justice serta Goodie Bag menarik dari sponsor pendukung dan industry partner.

Selain Juara I Miss KidZania Indonesia 2022, akan terpilih juga 1st Runner Up Miss KidZania Indonesia 2022, 2nd Runner Up Miss KidZania Indonesia 2022 dan Miss KidZania Favorite 2022 yang  terpilih berdasarkan vote melalui website KidZania Jakarta. Berikut adalah nama-nama pemenang Miss KidZania Jakarta 2022 antara lain :

  1. Michelle Davina Hadipranoto – Winner Miss KidZania Jakarta 2022
  2. Evolette Alexandra Quineldy – 1st Runner Up Miss KidZania Jakarta 2022
  3. Casslyne Okalina – 2nd Runner Up Miss KidZania Jakarta 2022
  4. Riffa Khayla Almirasya – Miss KidZania Favorite 2022

Terselenggaranya Miss KidZania Jakarta 2022 juga berkat dukungan dari Sponsor utama Bank BRI dan para partner yang mana diantaranya tercatat;

  • Petit Lulun Batik
  • Yongki Junior
  • Nuna (gaun malam)
  • Justice
  • Tiket.com
  • Royal Safari Garden Puncak
  • Hotel Century Park
  • Somethinc
  • Emina
  • Dalgona
  • Pesona Alam Puncak
  • Segari media partner RTV
  • Kompas
  • Kompas.com
  • Majalah CIA
  • Educare.co.id
  • RCTI
  • Wanita Indonesia.co

Tentang KidZania Jakarta

KidZania Jakarta adalah sebuah theme park atau ’kota’-nya anak-anak yang mengedepankan unsur pendidikan dan hiburan (edutainment) yang pertama di Asia Tenggara bagi anak-anak usia 2-16 tahun. Dirancang dan dibangun khusus menyerupai replika sebuah kota yang sesungguhnya namun dalam skala anak-anak, lengkap dengan jalan raya, fasilitas kota seperti rumah sakit, supermarket, salon, theater, pabrik-pabrik dan masih banyak lagi. Di kota ini anak-anak bisa memainkan peran atau profesi orang dewasa, seperti menjadi dokter, pilot, polisi, juru masak, ilmuwan dan lebih dari 110 profesi lainnya. Saat ini telah beroperasi 26 KidZania yang tersebar di 20 negara antara lain: Mexico (Santa Fe, Monterrey, Cuicuilco, Guadalajara), Jepang (Tokyo dan Koshien), Indonesia (Jakarta), Portugal (Lisbon), Uni Emirat Arab (Dubai), Korea Selatan (Seoul dan Busan), Malaysia (Kuala Lumpur), Chile (Santiago), Thailand (Bangkok), India (Mumbai dan New Delhi), Kuwait (Kuwait City), Filipina (Manila), Mesir (Kairo), Turki (Istanbul), Arab Saudi (Jeddah), Brazil (Sao Paulo), Singapore, Inggris (London), dan Costa Rica (San Jose). Di Indonesia terdapat 2 fasilitas, KidZania Jakarta  menempati ruang seluas 7,500 m2 berlokasi di Pacific Place Mall lantai 6, Kawasan Niaga Terpadu, Jl. Jend. Sudirman Kav 52-53, Jakarta, dengan kapasitas pengunjung maksimum 1,800 orang dalam 1 shift. Dan di KidZania Surabaya yang berlokasi di Mall Lagoon Soengkono

—00—