Jakarta, 10 Mei 2021,- Kulit wajah yang sehat menjadi dambaan setiap orang. Tentunya, baik perempuan atau laki-laki ingin memiliki wajah yang bersih, cerah, dan tanpa garis halus. Namun sayang, sejumlah permasalahan kulit kerap timbul dan menyebabkan wajah nampak kurang sehat. Jerawat, kulit kusam, dan penuaan dini seringkali menjadi tiga masalah utama kulit. Penyebabnya bisa mermacam-macam. Jerawat timbul karena produksi minyak berlebih dan penumpukan sel kulit mati yang mengakibatkan sumbatan dan pembentukan komedo, ditambah dengan peran bakteri sehingga menyebabkan proses peradangan. Sementara kulit kusam terjadi karena penumpukan sel kulit mati atau kadar air yang tidak optimal dalam kulit, sehingga proses regenerasi kulit terganggu. Sementara, penuaan dini terjadi 80 persen akibat faktor eksternal yaitu paparan sinar ultraviolet, ditambah peran dari polusi, diet yang tidak sehat, rokok, alkohol, hingga perubahan lingkungan.

Meski kerap muncul, tiga permasalahan kulit tersebut bukan berarti tak bisa dihilangkan ataupun dicegah. Dengan beauty treatment dan skincare yang tepat, tiap orang bisa tampil dengan kulit sehat dan bersinar. Namun, untuk mendapatkan hasil yang optimal, setiap individu harus memahami perawatan yang tubuhnya butuhkan. 

Memilih jenis beauty treatment

Banyak sekali beauty treatment yang wajib dilakukan untuk mencegah dan menghilangkan permasalahan kulit. Menurut dr. Indah Widyasari, Sp.Kk, dalam sesi bincang aktif melalui mefia zoom (11/5), memilih beauty treatment yang tepat bisa mengacu pada kebutuhan usia. Pada kelompok usia 17-20 tahun misalnya, karena kulit cenderung rentan jerawat dan komedo, dibutuhkan treatment yang bertujuan untuk mengurangi produksi minyak serta mengangkat penumpukan sel kulit mati. Pada kondisi ini, chemical peeling rutin, mikrodermabrasi, ekstraksi komedo, juga laser dan intense pulse light (IPL) bisa menjadi pilihan. 

Kemudian, pada kelompok usia di atas 25 tahun, persoalan yang dihadapi umumnya berupa tanda penuaan dini dan pigmentasi kulit. Dalam situasi seperti ini, beauty treatment yang dibutuhkan yakni tindakan laser dan energy based device yang fokus mengatasi persoalan pigmen melanin kulit dan merangsang produksi kolagen. 

Untuk mengatasi kulit kusam disertai dengan warna kulit tidak merata, perawatan dapat berupa tindakan peeling, mikrodermabrasi, dan dapat ditunjang dengan IPL serta laser rejuvenasi. Sementara, guna mencegah penuaan dini dapat dilakukan beauty treatment yang merangsang pembentukan kolagen, mulai dari chemical peeling, laser rejuvenasi, laser ablatif (eryag, co2), radiofrekuensi, hifu, sampai injeksi toksin botulinum dan dermal filler.

Menurut dr. Indah, sebelum menentukan jenis perawatan yang digunakan, setiap orang harus lebih dulu berkonsultasi dengan dokter yang akan melakukan penanganan. Dokter selanjutnya akan melihat tipe kulit dan masalah yang ada, baru kemudian menentukan treatment yang tepat. 

Contoh, pada wajah bejerawat, derajat keparahan jerawat akan menentukan pilihan treatment. Jika kondisi jerawat meradang, perawatan akan difokuskan untuk mengatasi peradangan. Misalnya dengan injeksi jerawat, pemberian obat oral dan topikal, serta penanganan laser dan teknologi berbasis cahaya yang fokus mengurangi peradangan.  Berbeda pada jerawat yang tipe komedonal, perawatan akan fokus pada pengangkatan komedo dan sel kulit mati misalnya dengan tindakan chemical peeling

“Jadi tentu konsultasi akan sangat berperan penting ya, dan akan diberikan treatment plans sesuai dengan keluhan dan concern yang dihadapi,” kata dr. Indah. Oleh karenanya, setiap orang dianjurkan untuk mengenali jenis kulit masing-masing, apakah tipe kulit yang sensitif atau tidak. Selain itu, kenali pula masalah kulit yang ingin diatasi. Sehingga saat berkonsultasi dengan dokter mendapat saran treatment yang lebih terarah. Selain itu, cari dokter berkompeten dan klinik yang tentunya memiliki track record baik di dunia kesehatan dan kecantikan kulit,” kata dr. Indah lagi.

Menentukan sikncare

Selain beauty treatment, skincare juga sangat penting untuk merawat kulit wajah. Ingat bahwa kulit merupakan organ terluar dari tubuh. Maka, tak bisa dihindari, kulit akan selalu terpapar faktor eksternal seperti sinar ultraviolet, paparan polusi, debu, asap rokok, hingga perubahan suhu dan lingkungan yang menyebabkan pembentukan radikal bebas. 

Berbagai faktor eksternal tersebut berpotensi menganggu skin barrier kulit. Jika skin barrier bermasalah, maka fungsi kulit sebagai organ proteksi atau pelindung juga bakal mengalami gangguan. Akibatnya, bahan iritan dan mikroba bisa dengan mudah masuk ke dalam lapisan kulit. Tak hanya itu, kulit akan cepat mengalami proses penuaan dini atau premature skin aging

Penggunaan rangkaian skincare bisa menjadi solusi untuk mengatasi dan mencegah munculnya permasalahan kulit wajah. Setidaknya, ada tiga skincare dasar yang wajib digunakan yakni pembersih, pelembab, dan tabir surya atau sunscreen. Penggunaan rangkaian skincare dasar itu penting bagi kesehatan kulit, supaya kulit dapat menjalankan fungsinya dengan baik. 

Untuk memilih skincare yang tepat, dianjurkan untuk menyesuaikan dengan jenis kulit. Pilih formula skincare yang sesuai dengan tipe kulit kering atau berminyak. Jangan lupa, pilih skincare yang terbuat dari bahan-bahan yang sesuai untuk mengatasi masalah kulit saat ini.

ZAP untuk kulit sehat terawat

Merespons kebutuhan tersebut, ZAP hadir menyediakan berbagai layanan beauty treatment. Berdiri sejak tahun 2009, ZAP menawarkan berbagai beauty treatment yang dapat mengatasi masalah kulit berjerawat, kusam, hingga penuaan dini. 

ZAP Photo Facial, ZAP Photo Acne, dan ZAP Active Acne Laser bisa menjadi solusi bagi kulit kusam dan berjerawat. Beauty treatment tersebut dikreasikan khusus bagi masyarakat Indonesia yang ingin memiliki kulit sehat dan tentunya bebas jerawat. 

Tak hanya itu, ZAP juga menghadirkan layanan ZAP Infuse Glowing dan ZAP Infuse Glowing Premium. Perawatan ini dilakukan dengan memasukan cairan vitamin C murni yang bertujuan untuk membuat kulit lebih bersinar dan sebagai antioksidan. Selain vitamin C murni, ZAP Infuse Glowing Premium juga dilengkapi dengan 9 vitamin dan mineral lainnya untuk membantu meningkatkan daya tahan dan stamina tubuh, membuat kulit lebih bersinar, serta memelihara kesehatan kulit dengan lebih optimal.

ZAP Chemical Peeling Glow juga bisa dijadikan pilihan. Perawatan ini bertujuan untuk mengelupas kulit mati pada permukaan wajah. Pada perawatan ini digunakan mendelic acid yang merangsang pertumbuhan sel kulit baru, memperbaiki tekstur kulit, mencerahkan kulit, hingga mengurangi produksi sebum. 

Ada pula ZAP Insta Glow Serum Micro Injection, tindakan memasukkan brightening serum yang mengandung glutathione dan vitamin C ke dalam kulit wajah menggunakan mesin vital injector. Perawatan ini tak hanya membantu mencerahkan kulit wajah, tapi juga meningkatkan proses regenerasi jaringan kulit dan merangsang pembentukan kolagen, sehingga kulit menjadi lebih kenyal, menaikkan skin-tone kulit, dan tentunya mencerahkan. 

Selama kurang lebih 12 tahun ZAP dipercaya untuk melakukan lebih dari 4 juta treatment. Hal ini menjadikan ZAP sangat berpengalaman. ZAP hadir dengan mengutamakan kenyamanan, keamanan, ketepatan waktu, teknologi terbaik, dokter berpengalaman, disertai pelayanan berbintang yang bersahabat.

Sekilas Tentang ZAP Clinic

Hingga Maret 2021, ZAP group sudah mendirikan 51 outlet di 16 kota, dengan persebaran 34 ZAP Clinic dan 16 ZAP Premiere dan 1 MEN/O/LOGY by ZAP (klinik ketampanan khusus pria). Brand ZAP sendiri telah menjadi satu-satunya klinik kecantikan khusus wanita terbesar Indonesia yang mengutamakan perawatan kulit berbasis teknologi laser dan kini merambah ke pelayanan kesehatan ZAP HEALTH. Sejak berdiri pada 2009, ZAP telah berhasil memenangkan berbagai macam penghargaan, baik skala nasional seperti Top Brand Awards 2016-2019, Superbrands 2019, TOP Marketing Award 2019, TOP Digital Award 2021 hingga penghargaan internasional seperti Business Excellence Forums & Awards kategori “Fastest Growing Company”.

—●●||●●—

email : lenny.marie@zap.co.id