Cerita perjalanan bisnis produk tas lokal dari Torch sejak awal berdiri hingga saat ini
● Ben Wirawan mendirikan Torch bersama dengan rekannya Hanafi Salman, pada tahun 2015 di kota Bandung. Lini bisnis di bidang traveling dipilih Ben dan rekannya untuk dikembangkan, karena ia mengamati traveling telah berubah dari sekedar aktivitas perjalanan semata, namun telah menjadi bagian dari gaya hidup, khususnya bagi generasi milenial dan Gen Z.
● Ben melihat bahwa kegiatan traveling di masa kini perlahan berubah seiring dengan meningkatnya intensitas perjalanan yang dilakukan seseorang, serta cara melakukan perjalanan yang menjadi lebih mudah serta lebih hemat biaya. Seiring dengan perubahan tersebut, bisnis yang berhubungan dengan travelling seperti penjualan tiket perjalanan, akomodasi, atau aksesoris perlengkapan perjalanan seperti Torch akan terdorong tumbuh secara pesat.
● Dua tahun sejak didirikan, Torch masih menggunakan pendekatan konvensional untuk memperkenalkan dan memasarkan produknya kepada masyarakat. Produk Torch dipasarkan melalui distributor dan agen, yang membawa banyak rintangan bagi brand milik Ben ini. Pemasaran dengan cara konvensional ini berdampak terhadap perkembangan bisnis Torch, dimana para agen seringkali tidak melunasi penjualan barang tepat waktu, dan menjadikan Torch tidak bisa meraih omzet secara maksimal.
● Hingga akhirnya pada tahun 2017, dengan kondisi keuangan perusahaan yang
memburuk, Ben membawa perusahaannya hijrah ke jalur digital dengan mulai
mempelajari pemasaran digital dan penjualan online.Salah satunya dengan bergabung di Shopee yang berhasil membawa angin segar terhadap keberlangsungan bisnis Torch.
Lewat pemasaran online yang dilakukan, Torch berhasil melampaui jumlah penjualan yang melebihi 2 tahun awal berdirinya ketika masih menggunakan sistem pemasaran konvensional.
● Bersama Shopee, Torch juga berhasil menjangkau konsumen baru yang lebih luas yang ikut membantu meningkatkan penjualan produknya. Ben sangat merasakan pertumbuhan yang signifikan sejak masuk ke ranah online, dimana rata-rata penjualan online Torch telah tumbuh 100 kali dalam 5 tahun terakhir. Jika sebelumnya karyawan yang Ben miliki di awal berdiri terdiri dari 6 orang, kini dirinya dibantu oleh lebih dari 80 karyawan untuk dapat memenuhi pesanan masyarakat Indonesia.
● Quote: Ben Wirawan, CEO Torch mengatakan, “Setelah melewati berbagai tantangan dan hambatan, pilihan Torch untuk bermigrasi dan memasarkan produk lewat online merupakan langkah yang tepat bagi bisnis kami. Pertumbuhan bisnis Torch menjadi sangat jauh berkembang jika dibandingkan dengan awal kami berdiri. Bahkan dengan bergabung di Shopee, saat ini kami bisa melayani pesanan dari berbagai kota dan kabupaten di Indonesia. Merupakan suatu kebanggan bagi saya bahwa produk hasil karya Torch dapat dinikmati oleh seluruh kalangan masyarakat dengan mudah. Ini
menjadikan proses pembuatan produk yang sangat kompleks dan melelahkan menjadi berarti dan ada maknanya.”
● Perjalanan panjang Torch berhasil membawa brand milik Ben Wirawan ini dipercaya sebagai official merchandise dari Jakarta Film Week, festival film berskala internasional yang digagas oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta. Tidak hanya itu, Torch pun sudah sudah membuktikan prestasinya dengan memegang 2 penghargaan Indonesia Good Design Selection, sebuah anugerah Bangga Buatan Indonesia dan menjadi salah satu penerima penghargaan internasional Golden Bauhinia Excellence Award di China.

Inovasi dan keunggulan Torch membawa brand menjadi pemain yang dikenal di industri
fashion lokal

● Bergelut dalam dunia fashion yang terus berubah, Ben Wirawan membawa Torch untuk tumbuh menjadi brand fashion yang tidak hanya mengandalkan mode atau estetika, tetapi juga mementingkan performa dan kualitas produk. Maka, menjunjung prinsip “Produk Yang Baik Dimulai Dari Material Yang Baik”, kualitas dari material produk menjadi kunci utama yang diusung Torch. Terlebih Torch merupakan brand yang identik dengan tas traveling, dimana para penggemar hobi ini membutuhkan tas yang kuat tetapi tidak berat agar nyaman berkegiatan.
● Hal inilah yang menjadi keunggulan Torch dibandingkan produk yang sejenis. Saat ini di Indonesia, hanya Torch yang mampu memberikan produk-produk dengan kekuatan yang sangat tinggi tetapi bobot yang ringan. Salah satu material unggulan Torch adalah sebuah material yang 30% lebih ringan namun memiliki kekuatan 2x lipat dari polyester biasa. Material yang dinamakan Torch sebagai Duralite Nylon ini membuat produk tas
dari Torch menjadi tas multifungsi yang cocok dipakai dalam kesempatan apapun, baik untuk bepergian ke luar kota, berolahraga, maupun menghadapi kondisi tidak menentu saat beraktivitas di hiruk pikuk ibukota.


● Memiliki tagline #SolusiKeren, lewat produk Torch, Ben ingin berusaha memecahkan masalah-masalah yang dialami konsumen ketika menggunakan suatu produk dalam berbagai aktivitas. Dimana mayoritas konsumen Torch merupakan profesional muda
dengan tingkat mobilitas tinggi yang memerlukan solusi praktis dalam membawa barang ketika traveling maupun berkegiatan sehari-hari.
● Ben terus mempelajari masalah yang dihadapi oleh para konsumennya, salah satunya kebutuhan akan aksesoris untuk menemani traveling dengan kualitas yang baik. Untuk menjawab hal ini, Torch menghadirkan inovasi ragam produk, seperti jaket, sandal, dan pakaian yang cocok dipakai di segala aktivitas dan berbagai tujuan liburan. Bahkan salah satu produk Torch, yaitu Sandal Torch Arrafa menjadi sandal yang sering dipakai
konsumen saat haji atau umrah.
● Quote: Ben Wirawan, CEO Torch menambahkan, “Saat ini dengan zaman yang berkembang, masyarakat sudah semakin mempercayai kualitas produk lokal dan beralih menggunakannya, bahkan menjadi konsumen yang loyal. Terlebih dengan hadirnya platform seperti Shopee yang membuat konsumen semakin mudah untuk membeli produk, serta kemudahan pula untuk penjual lokal seperti kami menunjukkan hasil karya.
Hal ini yang lah yang menjadi dorongan bagi kami untuk tidak berhenti berinovasi dalam menunjukkan kualitas produk yang merupakan keunggulan Torch. Tentunya tidak berhenti sampai sini saja, kami memiliki pencapaian luar biasa yang telah kami siapkan.
Torch akan menghadirkan kolaborasi bersama Marvel di tahun ini yang patut ditunggu oleh masyarakat luas. Bagi kami, ini merupakan ajang pembuktian bahwa Torch sebagai Brand asli Indonesia layak mendapatkan kepercayaan dari brand internasional kecintaan masyarakat Indonesia.”

Bisnis Torch semakin berkembang bersama Shopee

● Pada tahun 2017, Torch memutuskan untuk merambah ranah digital sebagai kanal penjualan dan pemasaran produk secara online. Salah satunya melalui platform e-commerce Shopee yang dipilih Torch untuk dapat menjangkau pasar yang lebih luas lagi. Dengan jutaan pengguna setia, Shopee memudahkan masyarakat Indonesia untuk dapat menemukan dan mengenali brand Torch. Terbukti, dengan memanfaatkan penggunaan platform Shopee secara strategis dan tepat, kini Shopee menjadi kanal dengan kontribusi penjualan tertinggi di Torch.
● Adanya preferensi dan gaya fashion masyarakat Indonesia yang kian beragam
mendorong Torch untuk selalu berkreasi mengikuti perkembangan tren fashion yang sedang digemari. Melihat akan hal ini, Torch menawarkan ragam jenis tas traveling untuk memenuhi kebutuhan traveler Indonesia yang berbeda-beda. Tipe tas dengan ukuran kecil ternyata lebih banyak disukai para pengguna Shopee dalam beberapa tahun ke belakang, seperti produk-produk tas Torch dari seri Hamura dan Aichi Waist Bag, Shibata dan Kashiba Travel Pouch, serta Ama Neck Wallet.
● Dari awal bergabung dengan Shopee hingga saat ini, Torch selalu memanfaatkan berbagai kampanye bulanan yang dihadirkan oleh Shopee. Ditengah banyaknya pesaing bisnis serupa, mengikuti program dan penawaran belanja yang menarik dan inovatif dari Shopee seperti Gratis Ongkir, Flash Sale dan banyak lainnya, menjadi cara
Torch untuk dapat menarik minat belanja para pengguna dan meningkatkan trafik
pengunjung ke toko.
● Fitur Seller Centre Shopee juga sangat dimanfaatkan Torch untuk mengembangkan bisnisnya. Melalui fitur ini, Ben bisa menemukan berbagai informasi dan ilmu terkait produksi dan pemasaran serta insight toko yang sangat ia butuhkan untuk mengetahui
dan mempelajari perilaku konsumen di Shopee. Selain itu, Torch juga tidak pernah
kelewatan untuk bergabung ke rangkaian kampanye Shopee yang terus mendapat
respon positif dari pengguna, mulai dari 9.9, 12.12 dan juga 3.3 Fashion Sale yang
sedang berlangsung saat ini.
Hingga sampai pada beberapa akhir bulan tahun 2021 lalu, Torch berturut-turut
memecahkan rekor penjualan baru mengalahkan angka-angka yang sebelumnya pernah diraih. Tak disangka, puncak pencapaian Torch tidak berhenti hanya sampai disitu. Pada puncak kampanye Shopee 12.12 Birthday Sale tahun lalu, Torch juga berhasil memperoleh jumlah penjualan tertinggi yang mencapai lebih dari 2,000
produk terjual dalam satu hari.
● Sambutan antusiasme yang tinggi dari pengguna Shopee dari waktu ke waktu
menjadikan Torch semakin mantap dengan pilihan mereka untuk bergabung dengan Shopee. Menyambut kampanye Shopee 3.3 Fashion Sale tahun ini, Torch siap memanjakan para pembeli setianya, yang juga akrab disapa sebagai SobaTorch,
dengan ketersediaan stok dari produk-produk terbaik mereka dan juga beragam lini produk baru mulai dari tas hingga apparel yang stylish nan trendy dan dijamin berkualitas tinggi. Lebih daripada itu, pada kampanye Shopee 3.3, Torch juga akan menyuguhkan promo belanja menguntungkan sebagai bentuk apresiasi kepada SobaTorch, antara lain Diskon untuk semua produk Torch dengan Extra Voucher dan Flash Sale Discount di jam-jam tertentu hingga 50%.
● Quote: Ben Wirawan, CEO Torch menutup, “Sebagai brand lokal yang bergerak di industri fashion Indonesia yang dinamis serta berkembang begitu cepat, kami percaya akan pentingnya beradaptasi dan berinovasi sebagai kunci utama bagi sebuah brand untuk tidak hanya bertahan, tapi tumbuh pesat. Selain itu, menjaga kualitas dan nilai dari
brand juga menjadi hal yang perlu diperhatikan agar brand yang kita miliki dapat lebih diingat oleh pelanggan. Lalu, kenali dengan baik profil konsumen, dengan itu kita bisa mendatangkan konsumen baru dan mendorong pelanggan lama untuk membeli lebih sering dan lebih banyak. Kami berharap kisah sukses Torch bersama dengan Shopee dapat menjadi inspirasi yang berkelanjutan bagi para pelaku industri fashion lainnya di Indonesia agar tetap terus bersemangat menghasilkan karya-karya produk fashion yang inovatif dan dicintai oleh masyarakat Indonesia. Terlebih, sekarang telah hadir platform e-commerce seperti Shopee yang senantiasa selalu mendukung para mitra brand dan penjualnya untuk dapat sukses bersama.”